Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Penerima Program Keluarga Harapan Bertambah Bukan Berarti Kemiskinan Bertambah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Juli 2018 - 07:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Jumlah data penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tiap tahun selalu bertambah namun bukan berarti jumlah kemiskinan juga bertambah.

Memang, banyak pihak berasumsi dengan fenomena itu maka jumlah keluarga miskin bertambah, ternyata tidak. Sebab, hal itu akibat jumlah warga miskin yang seharusnya bisa terkover, ternyata tidak terakomodir sebagai penerima PKH.

“Belum semua masyarakat miskin terkover program PKH ini, karena nama mereka belum tercantum dalam basis data terpadu kemiskinan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan jaminan sosial pada Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Farid Wajdi, Rabu (25/7/2018).

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, ada sebab karena kuota tiap daerah yang gterbatas, namun untuk tahun ini rupanya bukan karena kendala itu lagi.

“Jadi masalah nama yang belum masuk data, bukan karena kuota yang tersedia untuk menjadi peserta,” tandasnya.


PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah ditetapkan, sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru