Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Utara Sosialisasi Imunisasi MR

  • Oleh Ramadani
  • 25 Juli 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Kesehatan (Dinkes) Barito Utara mengadakan sosialisasi imunisasi Measles Rubella (MR) di aula STIE Muara Teweh, Rabu (25/7/2018).

Sosialisasi diikuti 71 orang, terdiri dari Camat se Barito Utara, lintas sektor se Barito Utara, pengelola Program Imunisasi Puskesmas, Kepala Puskesmas Barito Utara dan staf bidang P2P Dinkes Barito Utara.

Sosialisasi tersebut dalam rangka mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella (kecacatan) yang disebabkan oleh  infeksi rubella saat kehamilan (congenital rubella syndrome) pada tahun 2020.

“Target ini diklaim akan tercapai manakala upaya vaksinasi melalui program imunisasi MR bisa maksimal. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi imunisasi campak (measles dan rubella),” kata Bupati Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Kadis Kesehatan, H Siswandoyo saat membuka kegiatan sosialiasi tersebut.

Tujuan pemberian imunisasi MR ini adalah untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat, karena penyakit ini dapat mengganggu perkembangan anak. Bahkan dua penyakit ini juga bisa menyebabkan cacat fisik hingga kematian.

“Dalam rangka menyukseskan imunisasi massal MR tahun 2018 ini, saya mengajak dinas, lembaga terkait, beserta perangkat kerjanya, organisasi masyarakat sipil dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR,” katanya lagi.

Sasaran dari kegiatan imunisasi massal MR adalah seluruh anak berusia 9 bulan sampai dengan 15 tahun yang berjumlah sekitar 34.955 orang untuk Kabupaten Barito Utara. "Insya Allah pelaksanaannya pada bulan Agustus dan September 2018." (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru