Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP PKK Kapuas Perkenalkan Gernas Baku kepada Warga Timpah dan Pujon

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 26 Juli 2018 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas memperkenalkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku)saat kunjungan kerja di Pujon dan Timpah.

Nara sumber dalam kegiatan ini dari Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Marce. Gernas Baku wajib direalisasikan bagi setiap orang tua.

Hal ini bertujuan untuk menciptkan generasi anak Indonesia yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas melalui kebiasaan membaca buku.

“Gernas Baku adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah. Membaca dapat diibaratkan membuka jendela dunia, karena dengan membaca akan menambah ilmu dan wawasan kita. Membaca juga akan membentuk pola pikir baru dan akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai keunikan dan hal baru yang berguna bagi kehidupan.” kata Marce, Kamis (26/7/2018).

Dijelaskan, hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2015 menunjukan bahwa Indonesia berada di urutan ke-64 dari 72 negara.

Menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015 sebanyak 91,47 persen anak usia dini lebih suka menonton televisi dan 13,11 persen suka membaca.

Berdasar dua survei tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat membaca anak Indonesia masih kurang khususnya untuk anak usia dini.

Abad 21 membutuhkan anak yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi. Orang tua dituntut mendampingi putra putrinya untuk menguasai beragam kecakapan literasi. (HARDI/B-6)

Berita Terbaru