Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim: Waspadai Penyebaran Wabah Penyakit Akibat Karhutla

  • 26 Juli 2018 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sejak Januari-Juli 2018 menyebabkan asap yang membahayakan bagi kesehatan.

Karena itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim mewaspadai berbagai macam penyakit mewabah seperti munculnya penyakit demam berdarah dengue (DBD), ISPA, dan diare.

"Kami imbau masyarakat agar waspada terhadap mewabahnya penyakit ini, khususnya untuk penyakit ISPA dan diare. Untuk mencegah ISPA agar mengonsumsi air minum secukupnya, sedangkan untuk mencegah diare agar mengonsumsi air yang dimasak untuk layak minum, menutup tempat penyimpanan makanan, menutup tempat penyimpanan air bersih dari debu dan mencuci tangan selepas beraktifitas," jelas Faisal Novendra Cahyanto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim, Kamis (25/7/2018).

Dia menjelaskan setiap Minggu Dinkes menerima laporan penderita penyakit terhadap kasus Karhutla.

Dari awal tahun hingga Juli 2018 tercatat 136 kasus penyakit DBD dan telah menelan korban 4 orang, sedangkan untuk penyakit diare belum ada laporan kematian.

Faisal menyarankan untuk penyakit diare sudah mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat serta sanitasi berbasis masyarakat (STBM) dengan cara konsumsi air minum yang dimasak, mengelola limbah rumah tangga dengan baik juga di setiap rumah harus mempunyai toilet sendiri. (EKA YUSSRONA/B-6)

Berita Terbaru