Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Hewan Kurban di Sampit Mulai Bermunculan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Juli 2018 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, pedagang hewan kurban dadakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai bermunculan. Terutama di tepi jalan  besar yang ramai dilintasi kendaraan masayarakat.

Pedagang sapi kurban tersebut tidak hanya membuka kandang, namun juga ada yang terlihat secara dadakan saja. Salah satunya di Jl HM Arsyad, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Pedagang mulai membuka lapak dagangannya sejak beberapa pekan terakhir.

Salah satu pedagang kurban yang berada di Jl HM Arsyad tersebut mengatakan, dirinya setiap tahun menjual sapi kurban yang didatangkan dari Sumatra.

"Sudah sekitar 10 tahun terakhir saya jual Sapi Bali, yang didatangkan dari Sumatra, karena biasanya jelang Idul Adha ini banyak permintaan," ujar pedagang sapi kurban Adul Anwar, Kamis (26/7/2018).

Menurutnya, saat ini daya beli warga khususnya terhadap hewan kurban mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. "Sudah 10 ekor lebih yang terjual."

Untuk itu, ia menyediakan 30 ekor hingga 40 ekor sapi berbagai ukuran mulai dari yang berukuran kecil, sedang, hingga besar.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk sapi kurban dijual dengan harga Rp15 juta hingga Rp22 juta per ekor tergantung besar kecilnya ukuran. "Bisa aja nego nantinya, apalagi beli lebih dari satu," terang Anwar.

Ia meyakini, sapi yang mereka jual dipastikan dalam keadaan sehat dan layak disembelih sebagai hewan kurban karena telah melewati proses pemeriksaan kesehatan. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru