Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sapi Madura Jadi Primadona Masyarakat untuk Berkurban

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Juli 2018 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sapi Madura masih menjadi primadona masyarakat sebagai hewan kurban.

Hal itu diungkapkan salah seorang pedagang sapi di Kota Sampit, Samsul Bahri yang menjual hewan kurban di Jalan Tijilik Riwut, Kecamatan Baamang.

Menurutnya, Sapi dari Madura paling diminati masyarakat. Terbukti, sudah ada 30 ekor sapi madura yang terjual.

“Saat ini kami mendatangkan sekitar 80 ekor sapi saja dan mudah-mudahan akan laku beberapa hari sebelum Idul Kurban berlangsung,” ujar Samsul, Kamis (26/7/2018).

Banyaknya warga yang meminati sapi Madura itu bukan tanpa sebab. Samsul menjelaskan, sapi yang berasal dari pulau garam itu memang cukup besar-besar dan saat dimasak dagingnya lebih lembut daripada sapi-sapi lainnya.

Sedangkan untuk harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp15 juta hingga Rp22 juta. Harga tersebut memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan 2017 lalu, di mana seekor sapi paling rendah Rp13 juta dan paling tinggi Rp19 juta.

“Tergantung berat badannya, untuk yang saya jual ini paling kecil seberat 85 Kg dan paling berat 160 Kg,” ungkap Samsul.

Tidak hanya sapi yang dijual Samsul, Kambing juga tersedia ditempat itu. Tetapi penjualannya tidak seperti sapi. Hal itu terjadi karena banyak warga yang lebih memilih membeli sapi dibanding kambing yang harganya mulai dari Rp2,3 juta hingga Rp3,5 juta. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru