Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani di Barito Timur Taman Padi Organik

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 26 Juli 2018 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pangan yang lebih sehat, bebas pestisida, dan ramah lingkungan, menuntut tersedianya pangan organik.

Hal ini bakal lebih membuka pasar produk pertanian organik. Sehingga mendorong Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pertanian melakukan penanaman perdana padi organik di sawah milik Kelompok Tani KTT Harapan II, Desa Natampin, Kecamatan Dusun Tengah, Kamis (26/7/2018).

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi mengungkapkan, tanam perdana optimasi lahan sawah organik merupakan hal baru atau perdana di Bumi Jari Janang Kalalawah. Dengan harapan pertanian yang ramah lingkungan sebagai suatu kegiatan untuk menghasilkan pangan sehat, bebas dari obat-obatan, dan zat kimia, yang dapat merugikan kesehatan masyarakat.

"Ini untuk pertamakalinya atau perdana tanam padi menuju lahan sawah organik. Pertama kali dilakukan di lahan KTT Tani Harapan II, Desa Netampin, dan nantinya juga akan diikuti kelompok tani lainnya, dan kami akan melakukan sosialisasi di setiap kecamatan hingga ke desa," ucapnya.

Riza, melanjutkan, Kabupaten Barito Timur mempunyai potensi untuk mengembangan pertanian organik. Selain lahan yang ada masih cukup luas, juga tersedia bahan pupuk organik dan tanaman lokal yang dapat digunakan sebagai bio pestisida.

Namun dalam praktiknya sangat diperlukan kerja keras dari pemerintah, petani/kelompok tani, dan stakeholder lainnya.

”Yang menjadi keunggulan dari padi organik ini yakni menggunakan kesuburan alami dan didukung dengan pupuk kandang, serta dengan bahan-bahan yang sumbernya alami,” ujarnya.

Program ini juga telah diintruksikan keseluruh kelompok tani untuk musim tanam Oktober-Maret 2018. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru