Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Tekankan Jaga Keseimbangan Inflasi Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 26 Juli 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengintruksikan kepada semua kepala daerah untuk menjaga perumbuhan ekonomi dan menekan inflasi ke tingkat terendah.

Demikian disampaikan Bupati Barito Utara Nadalsyah saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Bupati Nadalsyah menuturkan, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa kunci yang harus dilakukan kepala daerah dalam mengendalikan inflasi, baik tingkat pusat maupun daerah.

Kunci yang dimaksud di antaranya, pemerintah daerah harus menyediakan anggaran pengendalian harga agar dapat melakukan intervensi bila diperlukan.

“Kalau bisa ada anggaran untuk pengendalian harga. Sehingga begitu bergejolak langsung dapat diintervensi,” kata Nadalsyah menirukan pernyataan Presiden Joko Widodo.

Kunci selanjutnya, unsur yang ada di daerah seperti pemkab/pemkot, kepolisian, kejaksaan, dan Bank Indonesia secara rutin memeriksa pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan secara rinci agar inflasi dapat terjaga.

Selain itu, memastikan infrastruktur dan transportasi di daerah serta antardaerah selalu lancar, serta menjaga distribusi barang.

Dikatakan Nadalsyah, Presiden juga menekankan kembali pentingnya menjaga keseimbangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemda untuk mengeluarkan anggaran melalui APBD sedini mungkin setiap tahunnya.

“Jadi dengan mempercepat pertumbuhan ekonomi, uang yang beredarpun tentu diharapkan menurunkan inflasi di daerah,” tuturnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru