Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2018 Resmi Digelar

  • Oleh Ramadani
  • 26 Juli 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (IMBT) tingkat Kabupaten Barito Utara resmi dimulai, Kamis (26/7/2018).

Festival dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Setda Bidang Administrasi Umum, Efendi, ditandai dengan pemukulan katambung. Even tahunan itu diikuti kontingen dari sembilan kecamatan.

Efendi dalam sambutannya yang membacakan amanat Bupati Barito Utara Nadalsyah, mengatakan bahwa pemkab menyambut baik pelaksanaan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan hari jadi ke-68 Kabupaten Barito Utara.

“Melalui kegiatan yang setiap tahun secara rutin diadakan ini, saya berharap dapat menjadi sebuah even untuk menggali, memasyarakatkan, mengembangkan, serta melestarikan seni budaya tradisional yang kita miliki,” katanya.

Kabupaten Barito Utara, lanjut dia, memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, bahasa, dan budaya daerah. Kekayaan khasanah seni budaya tradisional tersebut hendaknya dapat menjadi suatu kebanggaan dan potensi yang mendukung pembentukan etika, budaya, dan moral masyarakat Barito Utara.

“Kebangaan dan kecintaan terhadap seni budaya tradisional akan memupuk dan memelihara sikap nasionalisme yang dilandasi semangat Bhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI yang tercinta. Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman tidak selamanya berdampak positif,” tutur dia. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru