Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan Pertandingkan 13 Cabang Lomba

  • Oleh Ramadani
  • 26 Juli 2018 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (IMBT) 2018 mempertandingkan 13 cabang lomba.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara Arbaidi mengungkapkan, 13 cabang lomba tersebut yakni tari pesisir pedalaman, vokal lagu daerah Barito Utara putra dan putri, karungut putra dan putri, balogo, bagasing, manyipet putra dan putri, mangaruhi, basei kambe putra dan putri, jukung tradisional putra dan putri, sepak sawut, manetek, maneweng, dan manyila kayu, serta fotografi.

Arbaidi menuturkan, ada hal–hal negatif yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan identitas serta kearifan lokal budaya bangsa. Budaya dari luar Indonesia banyak yang membahayakan karena dapat melemahkan simpul–simpul pengikat yang menyatukan masyarakat selama ini.

“Kepada seluruh masyarakat Barito Utara dan peserta Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2018, saya meminta kepada kita semua, mari sukseskan dan dukung kegiatan ini dengan menciptakan suasana aman, kondusif, dan tertib di dalam pelaksanaannya. Supaya seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pintanya, Kamis (26/7/2018).

Ia juga berharap, Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan bisa melahirkan atlet olahraga tradisional dan seniman yang akan mewakili Kabupaten Barito Utara pada Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada atlet dan seniman yang pada kegiatan Festival Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada Mei lalu, berjuang mengharumkan nama baik Kabupaten Barito Utara dan dapat menjadi juara umum. Semoga tahun depan kita bisa meningkatkan prestasi dan mempertahankan juara umum yang kita raih,” pungkasnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru