Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kopi Liberika Dan Robusta Jadi Daya Tarik Wisatawan Asing dan Lokal

  • Oleh Andreansyah
  • 27 Juli 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Kopi liberika dan robusta yang dibudidayakan di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kondisi ini dimanfaatkan masyarakat Desa Kumpai Batu Atas untuk berbenah diri agar bisa menjadi objek wisata Kampung Kopi. Karena rata-rata penduduk di Desa Kumpai Batu Atas menanam kopi di halaman rumah mereka.

Rasdi Wangsa, pengelola wisata di Kobar, mengatakan bahwa untuk menjadikan Desa Kumpai Batu Atas sebagai objek wisata dengan nama Kampung Kopi tidaklah sulit. Sebab setiap warga desa telah menanam kopi.

“Masyarakat Desa Kumpai Batu Atas sangat antusias dengan adanya gagasan menjadikan kampung mereka objek wisata. Dengan adanya kunjungan turis dari mancanegara, mereka ingin di tata lagi dan dibina untuk perkembangan kampung mereka,” ungkap Rasdi Wangsa, Kamis (27/7/2018).

Sementara itu, warga Desa Kumpai Batu Atas, Sutris, yang juga petani kopi, mengaku sejauh ini sudah 20 wisatawan asing maupun lokal yang datang berkunjung ke desanya.

Ia pun mengaku cukup terbantu dengan keberadaan tour guide yang turut mempromosikan kopi liberika dan robusta. Karena tanaman kopi yang dulu hanya jadi konsumsi sendiri, sekarang memiliki manfaat lain. Salah satunya objek wisata.

“Ke depannya Desa Kumpai Batu Atas akan dikelola lebih baik lagi dan kopi yang kita sajikan adalah kopi dari pupuk organik untuk menjaga rasa dari kopi liberika dan robusta,” ujarnya. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru