Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Austindo Nusantara Cetak Pertumbuhan Produksi CPO 28,15%

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 27 Juli 2018 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) melaporkan produksi minyak kelapa sawit pada semester I tahun ini tumbuh 28,15%.

"Semester I tahun ini, produksi Tandan Buah Segar atau TBS dari kebun inti meningkat 11,64% year-on-year (yoy) menjadi 329.603 ton dari sebelumnya 295.234 ton," kata Direktur Keuangan Austindo Nusantara Jaya, Lucas Kurniawan, dalam pernyataan tertulisnya akhir pekan ini.

Sedangkan produksi minyak kelapa sawit atau CPO tumbuh 28,15% menjadi 111.949 ton dari semester I tahun lalu sebesar 87.360 ton. Kenaikan produksi didukung perbaikan cuaca dan membaiknya pasokan baru dari kebun di Kalimantan Barat yang berusia muda.

ANJT mengoperasikan empat wilayah perkebunan. Perinciannya, dua di Sumatera Utara, satu di Belitung, dan satu lagi di Kalimantan Barat.

"Kenaikan produksi disebabkan faktor cuaca yang mendukung dan kebun Kalimantan Barat yang masih berusia muda sehingga tren produksi naik," papar Lucas.

Lucas menambahkan, kendati volume produksi dan penjualan mengalami peningkatan, rata-rata harga jual CPO pada semester I/2018 turun 10% yoy akibat tekanan harga global karena pelemahan permintaan.

"Sampai akhir tahun, kinerja operasional ANJT diperkirakan masih akan bertumbuh dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini perusahaan sedang melakukan sensus untuk mendapatkan estimasi kinerja semester II/2018," tuturnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru