Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanggapi Keluhan Warga, TPS di Pasar Cempaka Bakal Ditutup

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Juli 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tempat penampungan sampah sementara (TPS) di Pasar Cempaka, Jalan Bendahara, Kecamatan Kumai Hulu, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) segera ditutup. Keberdaaan TPS itu dikeluhkan warga setempat lantaran dianggap mengotori lingkungan.

Rencana penutupan TPS itu diungkapkan Bupati Kobar Nurhidayah di sela Gotong Royong Jumat Bersih di kecamatan Kumai, Jumat (27/8/2018).

"Berdasarkan tinjauan langsung di lapangan dan mendengar keluhan warga, kami merencanakan akan menutup TPS yang berada di pinggir Jalan Bendahara di pasar tersebut," jelas Bupati.

Menurut Bupati, rencananya TPS terebut akan dipindahkan ke lokasi lain yang dianggap cocok. "Kami juga sudah membicarakan dengan salah seorang tokoh masyarakat Kumai yaitu H Nurdin. Beliau rencananya akan menghibahkan sebuah lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai TPS," jelas Bupati.

Karena, lanjut Bupati, sangat wajar bila warga dan pedagang di sekitar TPS mengeluhkan  keberadaan tempat sampah tersebut.

"Memang keberadaan TPS ini sangat mengganggu keindahan. Terlebih kawasan tersebut sering dilewati turis yang bermaksud menuju pelabuhan wisata untuk berwisata ke Tanjung Puting," jelas Bupati.

Menurut Bupati, dengan kondisi TPS yang kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap, pastinya akan membuat kesan kurang baik pada para wisatawan.

"Karena saat ini kita kan lagi gencar-gencarnya melakukan promosi wisata. Nah salah satu yang perlu diperhatikan adalah kebersihan. Tentunya untuk menjaga kebersihan bukan hanya tugas dari dinas terkait saja, namun partisipasi masyarakat juga diperlukan untuk melakukan hal itu," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru