Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Tidak Semua Kabupaten Selenggarakan Ujian Nasional Perbaikan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Juli 2018 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tidak semua daerah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berjumlah 14 kabupaten/kota menyelenggarakan ujian nasional perbaikan (UNP).

Tapi hanya 10 kabupaten dan 1 kota. Ada alasan kenapa hanya dilaksanakan di 11 daerah ini. Antara lain berkaitan kepesertaan.

Menurut Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, Slamet Winaryo tidak semua siswa tertarik mengikuti ujian perbaikan, sehingga tidak semua sekolah dan tidak semua kabupaten menyelenggarakannya.

“Semua kabupaten/kota kita tetapkan sekolah penyelenggara 28 sekolah. Dari 28 tempat itu hanya 16 sekolah yang ada pendaftar ulang atau hanya di 11 kabupaten/kota,” terang Slamet kepada Borneonews, Jumat (27/7/2018).

Ke-11 daerah yang menggelar UNP itu adalah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, Seruyan, Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Gunung Mas, Barito Selatan, Barito Utara, dan Kota Palangka Raya.

"Artinya ada 12 sekolah penyelenggara tidak ada yang daftar di tiga kabupaten yaitu Murung Raya, Sukamara, dan Barito Timur,” tambahnya.

Alasan berikutnya menurut Slamet kenapa hanya ada peminat 471 siswa. Penjelasannya adalah bahwa siswa menempuh perbaikan adalah sesuatu yang tidak harus.

“Sifatnya bagi yang berminat saja, karena ada alasan nilainya dibawah 55 kemudian ingin lebih dari itu. Atau yang nilainya sudah di atas 55, tapi saat mau masuk di lembaga pendidikan lanjutan tertentu diminta nilai di atas lagi,” bebernya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru