Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karungut Perlu Dilestarikan 

  • Oleh Ramadani
  • 29 Juli 2018 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Seni karungut merupakan salah satu cabang yang dilombakan pada Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2018. Kesenian yang sudah jarang dimainkan ini dinilai perlu terus dilestarikan.

“Karungut merupakan salah satu di antara ratusan seni dan budaya yang ada di Kalimantan Tengah yang perlu dilestarikan,” ujar Rahman, warga Muara Teweh, saat menonton lomba karungut di halaman GOR KOMU Muara Teweh, kemarin.

Rahman mengapresiasi adanya kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan. Melalui festival budaya ini, kata dia, dapat memperkenalkan kepada generasi muda permainan tradisional yang mempunyai arti dan makna pemersatu antar sesama.

Karungut merupakan kesenian tradisional masyarakat Dayak yang berupa sastra lisan, sama seperti sebuah pantun yang di lagukan.

Karunggut merupakan sebuah karya sastra klasik yang besar dan dijujung tinggi oleh masyarakat Dayak. 

Dalam syair karunggut berisi tentang kisah legenda, nasehat, teguran dan peringatan dalam kehidupan sehari hari. Kesenian Karungut sangat terkenal di sepanjang jalur sungai Kahayan, Kapuas, Katingan, Rungan Manuhing dan sebagian jalur Sungai Barito.

Dalam lomba karungut itu diikuti 18 peserta kategori putra putri dari beberapa kecamatan. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru