Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pangkalan Bun akan Tiadakan Tempat Pembuangan Sementara Sampah di Pinggir Jalan

  • Oleh Andreansyah
  • 29 Juli 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) rencananya meniadakan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di pinggir jalan khususnya di perkotaan Pangkalan Bun.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Bahan Beracun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar Robiannor menyampaikan, secara bertahap TPS yang berada di pinggir jalan akan dihilangkan.

Solusinya, tidak lain, sampah rumah tangga akan dikelola oleh RT setempat dan akan disediakan tempat sampah bergerak.

“Mohon dukungannya untuk masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya,” kata Robiannor, Minggu (29/7/2018).

Sejumlah warga di Pangkalan Bun mengeluhkan ulah sejumlah orang yang sering membuang sampah sembarangan, terutama si Sungai Arut dan pinggir jalan raya.

Seperti yang terjadi di depan SMPN 2 Arut Selatan (Arsel) banyak sampah menumpuk dengan bau yang menyengat mengganggu penciuman.

Seri (33), warga Kelurahan Madurejo mengeluhkan perilaku orang yang membuang sampah dengan sembarangan tersebut. Selain menggangu pemandangan jalan menjadi kumuh juga menimbulkan bau tidak sedap dan juga penyakit.

“Kasihan anak-anak yang sekolah setiap hari mencium bau busuk,” ujar Seri, Minggu (29/7/2018).

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Kumai. Arbain (40), warga Kumai berharap Pemkab Kobar menangani sampah yang sering dibuatng di pinggir Jalan Bendahara yang sering dilalui kendaraan keluar masuk pelabuhan dan juga turis asing yang ingin ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Seharusnya sudah tidak ada lagi TPS di pinggir jalan raya. Ini juga sering mendapat komentar dari para wisatawan asing. Apalagi sekarang banyak turis, setiap lewat baunya minta ampun, miris, karena pernah ngobrol dengan bule asing menyinggung TPS itu katanya kumuh, bau dan tidak bagus untuk kesehatan,” kata Arbain. (ANDRE/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru