Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Karet di Katingan Gembira Harga Karet Naik

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Juli 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah petani atau pemilik kebun karet di Kasongan Kabupaten Katingan mengaku gembira dengan adanya penaikan harga getah.

Kini harga getah karet dari petani dihargai Rp6.500 per kilo oleh pengepul dari harga yang dipatok sebelumnya Rp6.000 atau mengalami kenaikan Rp500 per kilonya.

"Kita sambut baik kenaikan harga getah karet ini meski hanya Rp500 per kilo naiknua," kata Didin, pemilik kebun karet di Jalan Soekarno-Hata Kasongan, Minggu (29/7/2018).

Didin mengaku kenaikan harga getah karet ini sudah berlangsung lebih dua pekan terakhir. Sebelumnya, katanya harga getah karet sempat stagnan Rp6.000 per kilo atau Rp600 ribu per kwintalnya.

"Sekarang per kwintal dihargai Rp650 ribu oleh pengepul," kata Didin.

Didin mengaku memiliki sekitar 3 hektar kebun karet yang semuanya sudah produksi. Akan tetapi tanaman karetnya tidak banyak mengeluarkan getah dibanding karet milik petani di bagian hulu Katingan.

"Katanya sih karena tanah di sini berpasir, jadi tidak banyak getahnya, beda di bagian hulu seperti Tumbang Samba dan Tumbang Manggu, di sana tanah kuning sehingga batang karet yang ditanam banyak menheluarkan getahnya," ungkap Didin.

Meski demikian, kata Didin ia dan sejumlah petani karet lainnya di Kasongan tetap mensyukuri adanya kenaikan harga getah ini.

"Informasinya sih harga hetah ini akan kembali naik, tapi kita belum tahu berapa naiknya," imbuh Didin. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru