Bandara Kapten Mulyono Segera Operasikan Terminal Baru

  • Oleh Tim Borneonews
  • 30 Juli 2018 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bandara Kapten Mulyono Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan segera akan mengoperasikan terminal khusus penumpang baru guna meningkatkan pelayanan.

"Terminal khusus penumpang rencananya akan segera kita operasikan 2018 ini," kata Kepala Bandara Kapten Mulyono Harianto di Kuala Pembuang, belum lama ini.

Terminal khusus penumpang yang berada di sisi kiri telah selesai dibangun 2017 dengan anggaran APBN sebesar kurang lebih Rp7 miliar.

"Terminal dengan 600 meter persegi ini mampu menampung 140 penumpang," terangnya.

Seperti bandara pada umumnya, pada terminal penumpang tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas standar seperti timbangan digital, rambu-rambu serta fasilitas lain dengan sistem mekanikal elektikal.

Selain perlengkapan standar, di ruang tunggu dengan kapasitas yang cukup luas tersebut, juga akan disediakan coffee shop ataupun kantin bandara serta booth aksesoris kerajinan.

Sedangkan untuk mengantisipasi parkir kendaraan, akses jalan menuju terminal bandara dibuat seluas 14 meter, yang sementara bisa dimanfaatkan untuk lahan parkir.

"Pembangunan parkir terminal terus kita upayakan. Mudah-mudahan bisa secepatnya dibangun," ujarnya.

Saat ini kondisi penerbangan di bandara yang berada di Kota Kuala Pembuang dan memiliki titik terdekat dengan Pulau Jawa terus mengalami peningkatan, dengan intensitas penumpang di atas rata-rata.

Seperti penerbangan perintis Pesawat ATR 42 Susi Air Type Cessna Grand Caravan dari Kuala Pembuang menuju Palangka Raya dan Banjarmasin Kalimantan Selatan yang dijadwalkan dua kali seminggu, setiap kali keberangkatan jumlah penumpang mencapai 80 persen hingga 90 persen.

Berita Terbaru