Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Targetkan 100 Ribu Ekor Pembibitan Ikan Jelawat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Juli 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi menargetkan pembibitan 100 ribu ekor ikan jelawat pada 2019 mendatang. Hal itu dilakukan agar kebutuhan ikan yang menjadi ikon Kota Sampit itu bisa terpenuhi.

"Saya targetkan 100 ribu ekor pembibitan ikan jelawat nantinya di Kotim. Mudah-mudahan bisa terwujud tahun ini atau tahun depan," ujar Supian Hadi, Selasa (31/7/2018).

Menurut Bupati, saat ini ikan jelawat sudah mulai menjadi primadona masayarakat. Karena rasa dagingnya yang khas dan manis.

Untuk itu, Pemkab Kotim terus berupaya membudidayakan ikan jelawat. Bahkan sejumlah danau di daerah ini dijadikan tambak ikan tersebut.

"Memang untuk budidaya ikan jelawat ini sangat susah. Air harus memiliki oksigen yang cukup. Namun kami terus berupaya mencari danau yang pas dan belum tercemar," kata Bupati.

Saat ini, Dinas Perikanan terus berupaya membudidayakan ikan yang berasal dari Semenanjung Malaya dan Pulau Kalimantan tersebut. Bahkan sudah puluhan tempat dijadiakan wadah pengembangbiakan ikan itu. Dan mulai berhasil, walaupun hanya 20% hingga 40%.

"Mudah-mudahan setiap tahun pembudidayaan ikan jelawat semakin banyak. Sehingga kebutuhan jelawat di Kotim bisa terpenuhi," harap Supian Hadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru