Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Tumpangsari Menguntungkan Petani Holtikultura

  • Oleh Andreansyah
  • 22 Agustus 2018 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sistem tumpangsari menguntungkan petani holtikultura di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.  

Nuryanto (45) petani holtikultura Desa Pasir Panjang, menuturkan, dengan satu media bisa digunakan untuk dua jenis tanaman. "Melon itu tumbuhnya ke atas, sementara semangka itu merambat. Maka satu sama lain tidak saling mengganggu," jelasnya, Selasa (21/8/2018)

Beberapa catatan yang perlu diketahui oleh para petani, sambung Nuryanto, salah satunya adalah cara memberikan pupuk dan pengairan. Karena yang semula hanya memelihara satu tanaman, menjadi dua tanaman.

"Misalnya semula memberi pupuk 1 kilogram, sekarang 2 kilogram. Karena yang membutuhkan itu dua tanaman. Begitu juga pengairannya," jelas dia.

Lebih jauh dirinya memaparkan, keuntungan yang didapat oleh petani cukup banyak, karena media lahan dan penanganannya bergabung menjadi satu, sementara hasilnya menjadi dua kali lipat.

Sebagai petani yang sudah lama menggeluti pertanian selama puluhan tahun, Nuryanto berharap ada perhatian dari pemerintah daerah.

"Kami harap perhatian pemerintah kepada petani jauh lebih besar sehingga ada inovasi baru yang bisa kami terapkan agar hasil panen bisa melimpah dan hama bisa berkurang," harapnya. (Andre/B-2)

Berita Terbaru