Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ars Tropika Jadi Tema Pameran Seni Rupa Dalam Perhelatan Temu Karya Taman Budaya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 September 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Tajuk ars tropika diangkat menjadi tema Pameran Seni Rupa dalam perhelatan Temu Karya Taman Budaya (TKTB) se-Indonesia ke-17 yang digelar di Kota Palangka Raya mulai 12 September 2018.

"Karya-karya perupa dalam kegiatan pameran ars tropika sengaja dihadirkan dengan tujuan untuk memperlihatkan wacana naturalisme yang ditandai dengan kekuatan, keindahan, jiwa, alam, dan isinya," kata Kurator Pameran Sudjud Dartanto dalam rilisnya yang diterima Borneonews, Senin (10/9/2018).

Selain itu, lanjutnya, menghadirkan lagi seni yang lahir dari daerah tropis dan wacana seni tropis yang belakangan ini kurang mendapat perhatian dalam dunia seni rupa.

"Ini juga sebagai momentum simbolik ketika pameran ini diselenggarakan tepat di paru-paru Indonesia dengan situasi geo-kulturalnya. Pameran ini dapat menjadi kontekstual dalam memamerkan wacana seni tropis," tulis Sudjud.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Guntur Talajan saat ditemui di sela-sela memantau lokasi kegiatan.

Menurut Guntur, pameran seni rupa tersebut merupakan hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UPT Taman Budaya Provinsi Kalteng, Taman Budaya Jawa Timur, UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Taman Budaya Riau, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng.

"Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama agar karya seni rupa maupun peradaban yang memiliki nilai tinggi terus dilestarikan," ucap Guntur. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru