Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Banao Hulu Gelar Ritual Adat Manyanggar

  • Oleh Ramadani
  • 07 Oktober 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Warga Desa Baneo Hulu, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara menggelar kegiatan ritual adat Manyanggar (Mamparasih Lebu). Ritual Manyanggar ini berlangsung sekitar tiga minggu.

Ketua panitia pelaksana Manyanggar (Mamparasih Lebu) Desa Benao Hulu, Buldut yang juga Kepala Desa setempat mengatakan, ritual Dayak Manyanggar ini ditradisikan oleh masyarakat Dayak karena mereka percaya bahwa dalam hidup di dunia, selain manusia juga hidup makhluk halus.

Menurut ketua panitia, upacara ritual adat Dayak Manyanggar merupakan bagian tak terpisahkan dalam keseharian warga Dayak. Suku Dayak senantiasa melestarikan adat ini. 

Manyanggar adalah sebuah acara adat yang tujuannya doa keselamatan bagi pelaksanaan suatu pekerjaan.

“Dalam acara ini juga ada acara pengusiran terhadap roh jahat yang berpotensi mengganggu pekerjaan,” katanya, Senin, 7 Oktober 2019.

Ia menjelaskan, ritual adat Manyanggar ini paling lambat digelar sebulan setelah dilaksanakan pramanyanggar. Ritual dipimpin seorang mantir adat dengan rapalan doa dalam bahasa Dayak Ngaju. Aneka bentuk dan jenis makanan tersaji dalam dua buah tempat yang secara adat disebut samburup.

Ketua panitia yang juga Kades Benao Hulu, Buldut mengatakan, sebelum kegiatan Manyanggar Lebu ini terlebih dahulu dilakukan persiapan seperti meminta izin keramaian untuk mengumpulkan orang banyak kepada pihak keamanan.

Pada pelaksanaannya, kata Kades Benao Hulu, para pengunjung wajib menjaga keamanan dan ketertiban bersama. Kemudian bagi pemilik warung atau pedagang dan pengunjung agar menjaga kebersihan bersama.

“Dan bagi oknum yang melakukan atau melanggar serta membuat keributan di saat pelaksaaan ritual Manyanggar tengah berlangsung akan dikenakan sanksi dan didenda sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Buldut. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru