Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Sudah Siap Hadapi Ancaman Bencana

  • Oleh Ramadani
  • 20 Desember 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan pemerintah daerah saat ini telah siap menghadapi cuaca ekstrem musim hujan yang bisa menimbulkan sejumlah bencana hidrometeorologi seperti banjir, puting beliung, dan tanah longsor.

Dikatakan, ancaman bencana bisa diprediksi. "Untuk itu kita harus siap bekerja keras menanggulanginya secara bersinergi, kompak dan penuh rasa tanggung jawab serta kerja keras," katanya, Jumat 20 Desember 2019.

Nadalsyah mengatakan untuk mengantisipasi resiko meningkatnya korban bencana, maka BNPB mengenalkan konsep Pentaheix untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar sigap dalam menghadapi bencana.

“Konsep Pentahelix adalah solusi. Ada 5 pihak yang harus diajak serta unsurnya terdiri dari atas A B C GM yaitu akademis, bisnis, komunitas, pemerintah dan media. Kata kuncinya tetap sama gotong royong yang merupakan implementasi dari sila Pancasila,” katanya.

Nadalsyah mengimbau BPBD dan instansi terkait agar mendeteksi secara dini gejala bencana guna bisa diantisipasi dan dicari solusi penanganannya secara tuntas pada pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Selain itu jelasnya buat pemetaan yang akurat daerah rawan bencana dan siapkan laporan, data korban terdampak guna memudahkan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Siapkan sarana dan prasarana pendukung untuk kelancaran penanggulangan bencana.

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara, Gazali Mantalatua mengatakan urgensi pentingnya bersiap diri menghadapi kedaruratan bencana meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru