Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Sarankan Perlu SediakanAlat Swab Test Covid-19

  • Oleh Hendri
  • 12 April 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menyarankan pemerintah kota dan provinsi perlu menyediakan alat swab test sendiri agar warga tidak menunggu lama hasil tes Covid-19.

Ia menyebut, apabila ada seseorang yang diduga terinfeksi virus corona, maka akan dilakukan rapid test maupun swab test polymerase chain reaction atau PCR.

Kedua tes tersebut memiliki perbedaan dan keunggulan.  Bila seseorang dinyatakan positif terinfeksi virus corona melalui rapid test, maka perlu dilakukan swab test untuk mengkonfirmasi pernyataan tersebut.

"Saat ini telah ada UPT Labkesda milik pemerintah provinsi, sehingga tenaga ahli untuk mengoperasikan alat tersebut ada. Kita berdayakan tenaga-tenaga lab kita, supaya tidak menunggu hasil lab swab test dari Surabaya maupun dari Jakarta," katanya, Minggu, 12 April 2020.

Apabila alat tersebut prosedural dan proses pengadaannya dari pusat, maka ia mendorong pemerintah daerah segera bermohon ke pemerintah pusat untuk memprioritaskan Kalteng.

Hal itu karena Kalteng memiliki wilayah cukup luas. Supaya efisien, ia mendorong supaya Kalteng bisa menjadi prioritas dan dipuatkan untuk region Kalimantan sesuai dengan geografis yang berada di tengah pulau Kalimantan.

“Sangat perlu secara geografis agar alat swab test di region Kalimantan ada di Kalteng. Itu akan memudahkan secara geografis karena Kalteng di tengah-tengah, jadi seluruh provinsi di Kalimantan biar bisa melakukan tes" ucapnya.

"Namun jika memang terbatas, kita beli saja patungan per kabupaten dan kota berapa. Kita harus gotong-royong untuk penanganan pandemi ini,”pungkasnya. (HENDRI/B-7)
 

Berita Terbaru