Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Minta Tetap Lakukan Pembatasan Sosial Meski Hasil Rapid Test 53 Warga Desa Wonorejo Negatif

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 April 2020 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebanyak 53 masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Sematu Jaya, Lamandau telah mengikuti rapid test corona, Sabtu 25 April 2020 hari ini. Hasilnya, semua terkonfirmasi negatif. 

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyebut, meski rapid testnya menunjukkan hasil negatif (corona) warga Desa Wonorejo tetap diminta melakukan pembatasan sosial karena rapid test hanya sebagai upaya pendeteksian dini dalam mencegah penyebaran.

Terlebih, banyak fakta telah menunjukkan tingkat akurasi rapid test masih tergolong rendah. Hasil uji sampel swab terkadang masih menunjukkan positif atau bahkan negatif palsu. Seperti halnya untuk kasus 02 positif Covid-19 di Lamandau saat ini. 

"Saya tak akan bosan untuk terus mengingatkan bahwa upaya paling efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah social distancing dan physical distancing dengan disiplin. Imbauan tidak akan berarti apa-apa jika tidak dijalankan dengan baik. Lakukan pembatasan sosial dengan disiplin," pintanya. 

Dalam mengoptimalkan upaya pencegahan penyebaran, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lamandau terus bergerak mulai dari menggelar rapid test dengan cara door to door hingga mendirikan posko di sekitar rumah dengan kasus 02 agar keluarganya menjalankan isolasi, serta masyarakat setempat menjalankan pembatasan sosial. 

Seperti diberitakan sebelumnya, rapid test massal di Desa Wonorejo itu dilakukan terkait adanya warga setempat yang positif Covid-19. Ini berdasarkan hasil uji sampel swab yang diketahui sehari sebelumnya.

Warga yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut diketahui merupakan satu diantara dua warga Lamandau yang memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

"Tercatat ada 53 orang yang sudah mengikuti rapid test hari ini, mereka meliputi 13 keluarga dari kasus 02 dan masyarakat umum, dan hasilnya semuanya terkonfirmasi negatif," ungkap Bupati Hendra Lesmana yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau saat dikonfirmasi. (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru