Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajaran Kartu Prakerja, Mulai dari Memancing Hingga Dakwah

  • Oleh Teras.id
  • 03 Mei 2020 - 11:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Program Kartu Prakerja yang dicanangkan pemerintah telah mulai berjalan. Sebanyak 456.265 peserta menerima program ini, melalui dua gelombang awal pembukaan.

Delapan platform yang bekerja sama dengan pemerintah pun telah mulai menjajakan berbagai program pelatihan mereka. Delapan platform itu adalah RuangGuru lewat SkillAcademy, Pijar Mahir, Tokopedia, Kementerian Ketengakerjaan, Pintaria, Bukalapak, Mau Belajar Apa, juga Sekolahmu.

Kelas yang ditawarkan beragam. Mulai dari pelatihan bahasa, keterampilan, hingga yang kekinian seperti belajar menjadi YouTuber bagi pemula. Ada pula yang mengundang kontroversi, seperti pelatihan memancing yang dikritik Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Sukamta.

Tempo merangkum beberapa kelas yang ditawarkan oleh pemerintah bagi penerima Kartu Prakerja. Berikut di antaranya:


1. Kelas memancing dan kelautan

Pelajaran memancing terdapat dalam salah satu paket dasar pelajaran yang ditawarkan oleh fasilitator Mina Indonesia. Paket itu diberi nama Paket Dasar Memancing dan Kelautan, di web resmi Pra Kerja prakerja.go.id.

Di platform Tokopedia, pelatihan dari Mina Indonesia ini diberi nama Paket Dasar Usaha Perikanan (Fisheries skill Starter Pack). Pelatihan dibanderol dengan harga Rp 799 ribu.

"Merupakan pelatihan online mengenai skill usaha perikanan seperti dasar-dasar membuka usaha perikanan, jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan dan kelautan, pemasaran dalam usaha perikanan, bagaimana peluang bisnisnya, bagaimana mencari distributor yang tepat." Penjelasan ini tercantum dalam situs Prakerja tentang kelas ini.


2. Kelas menjadi YouTuber bagi pemula

Kelas ini ditawarkan di platform Pijar Mahir. Durasi kursus diperkirakan dapat diselesaikan selama 4 jam secara daring. Fasilitator prgram ini adalah Rizky R. Dalam promosi kelas, tak dijelaskan kapasitas fasilitator hingga dipilih menjadi pemateri. Hal ini baru bisa diketahui setelah peserta membeli program yang dibanderol dengan harga Rp 125 ribu.

Kelas khusus tentang penggunaan YouTube ini menjadi salah satu yang paling banyak jenisnya di Prakerja. Tak hanya bagi pemula, beberapa platform seperti RuangGuru juga menawarkan kelas 'Menjadi Youtuber, Berpenghasilan Jutaan', hingga 'Menjadi Content Creator/Youtuber, Berpenghasilan Jutaan'.

Berita Terbaru