Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Tim Serbu Api Kelurahan Dapat Dimaksimalkan untuk Pencegahan Karhutla

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Agustus 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra menyarankan agar Pemerintah Kota atau Pemko Palangka Raya dapat memaksimalkan tim serbu api kelurahan atau TSAK untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Kan beberapa waktu lalu Pemko menggelar apel kesiapan pasukan dan peralatan sebagai untuk mengantisipasi bencana alam kebakaran hutan dan lahan. Nah saya sarankan TSAK itu bisa dimaksimalkan perannya," kata Beta pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Menurut Beta, langkah cepat Pemko Palangka Raya dalam mempersiapkan pra kondisi karhutla dinilai sudah tepat.

"Tetapi kami rasa ada penanganan yang cukup baik dipersiapkan BPBD yaitu melakukan persiapan dari tingkat dasar. Kan sudah ada program berupa tim serbu api kelurahan yang disiapkan pada kelurahan yang berpotensi mengalami karhutla," tutur Politisi PAN ini.

Peran TSAK inilah yang menurut Beta sangat penting sebagai garda terdepan dan pertama dalam menghadapi ancaman karhutla di tingkat kelurahan.

"Walaupun disadari masih belum maksimal. Banyak kendala yang dialami, mulai dari terbatasnya sarana dan prasarana hingga minimnya SDM, namun tentu TSAK akan lebih cepat pergerakannya ke sumber api jika memang terjadi," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru