Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Patangkep Tutui Barito Timur Mulai Laksanakan Musrenbang Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 September 2020 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur mulai melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang tingkat desa.

Camat Patangkep Tutui, Bertulumeus menjelaskan, pemerintah kecamatan telah menyusun jadwal pelaksanaan musrenbang pada 10 desa yang ada.

"Kami sudah melaksanakan musrenbang pada tiga desa, yakni Desa Kambitin, Desa Ramania, da Desa Bentot. Desa lain akan dilanjutkan hari-hari berikutnya," Bertulumeus, Rabu 16 September 2020.

Dia menjelaskan, dalam musrenbang pemerintah kecamatan langsung turun bersama tenaga ahli dari kabupaten serta pendamping desa, guna menyimak usulan yang disampaikan pemerintah desa serta membuat catatan untuk musrenbang kecamatan.

"Di musrenbang tingkat kecamatan nantinya, apa saja yang telah diusulkan masyarakat di setiap desa terlebih dulu akan dilakukan pe-ranking-an. Mana yang masuk skala besar akan kita usulkan ke kabupaten. Aebaliknya apabila dapat dilakukan penanganan pemerintah desa, ya kita harap desa dapat merealisasikan," jelas Bertulumeus.

Dia mencontohkan, saat musrenbang di Desa Ramania Selasa, pengelola pendidikan anak usia dini atau PAUD di desa tersebut menyampaikan permintaan rehabilitasi plafon dan lantai sekolah yang sudah rusak.

"Mendengar permintaan guru tersebut, saya langsung konsultasi dengan tim ahli kabupaten. Dan ternyata bisa dibantu pemerintah desa untuk rehabilitasi," katanya.

Menurut Bertulumeus, jika ada usulan masyarakat dan sifatnya penting serta bisa dianggarkan melalui dana desa, sebaiknya pemerintah desa dapat mengatasinya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru