Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lobi Pusat Pasok Bahan Baku Karet untuk Aspal

  • Oleh Naco
  • 06 Desember 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotim, Syahbana meminta agar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan lobi kepada pemerintah pusat untuk memasok bahan baku berupa karet untuk aspal ini. 

Karena dengan begitu diyakini bisa membawa perubahan harga yang baik untuk tingkat petani karet di daerah ini.

"Perbaikan harga karet ini bisa dilakukan juga dengan opsi pemerintah daerah melakukan pemasaran terhadap karet sebagai bahan baku untuk campuran aspal itu," katanya, Minggu, 6 Desember 2020.

Pemkab bisa menjajaki kerjasama penyediaan karet untuk program pemerintah itu. Dengan demikian maka produk andalan karet bisa terserap. 

"Kita harus ada penjajakan ke pusat. Daerah siap sediakan karet," tukasnya. Syahbana menyebutkan jumlah produksi karet di Kabupaten Kotim ini sangat melimpah, jika memang Pemkab mau itu harus dikerjakan secara serius.

Dia juga mendorong agar pembangunan jalan di daerah ini bisa mengadopsi dengn campuran karet aspal. Setiap tahun puluhan miliar anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan jalan beraspal.

Harusnya proyek jalan itu bisa berdampak ditingkat petani karet. Adanya prioritas terhadap penyerapan karet itu lantaran ini dapat menggerakkan perekonomian rakyat, dan sekaligus mendukung program infrastruktur pemerintah saat ini.

“Pembangunan infrastruktur, terutama jalan ini untuk mendekatkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, kemudian ke kawasan pariwisata dan lainnya. Intinya dengan adanya penggunaan karet campuran aspal ini ada nilai tambah,” tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru