Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Perwakilan BI Kalteng: Mari Bersinergi Bangun Optimis Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Januari 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Momentum pemulihan ekonomi daerah, diprakirakan berlanjut pada tahun 2021. Langkah itu perlu dijaga melalui sinergi membangun optimisme antar-pihak yang didukung komunikasi kuat oleh media.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando saat menyampaikan kilas balik kondisi ekonomi Kalteng di tahun 2020 dan prakiraan di tahun 2021.

"Beberapa indikator pemulihan tahun 2021 telah terlihat, yaitu adanya vaksin Covid-19, terjaganya mobilitas masyarakat, pemulihan ekonomi negara partner dagang dan program pemerintah dalam berbagai sektor," kata Rihando, Senin, 11 Januari 2021.

Vaksinasi Covid-19 menurut Rihando akan menjadi game changer pemulihan ekonomi tahun 2021.

"Namun efektivitasnya akan tergantung dari penerapan protokol Covid-19 yang disiplin dan ketat oleh masyarakat," ungkapnya.

Selama masa vaksinasi, menurutnya akan dibutuhkan waktu dalam distribusi dan proses vaksinasi kepada seluruh warga negara.

"Sehingga, melalui vaksinasi yang disertai dengan protokol Covid-19 yang baik, akan menjaga keberlangsungan mobilitas masyarakat, menciptakan aktivitas ekonomi, mendorong konsumsi dan meningkatkan permintaan yang lebih baik," jelasnya.

Selain itu, dari sisi eksternal pemulihan ekonomi daerah, Rihando mengatakan bahwa akan terjadi seiring dengan pemulihan ekonomi negara partner dagang yang telah terjadi lebih dahulu, meskipun tidak sebesar kondisi sebelum pandemi.

"Komoditas ekspor yang akan memberikan dampak pada neraca perdagangan luar negeri Provinsi Kalimantan Tengah yaitu batubara dan CPO," bebernya.

Demikian juga program nasional food estate, katanya, apabila berjalan dengan lancar diprakirakan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian daerah baik dari sisi konsumsi, investasi maupun ekspor-impor.

"Mari bersinergi membangun optimisme pemulihan ekonomi demi masa depan yang lebih baik," ajak Rihando lagi. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru