Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Langkah Kepemimpinan Agile dan Terukur di Era Digital

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Mei 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tokoh pemuda Provinsi Kalimantan Tengah, Heru Hidayat menilai di era digital saat ini model kepemimpinan organisasi, lembaga maupun perusahaan dihadapkan pada situasi dan tantangan yang lebih dinamis dan disrupsi.

“Secara manajemen organisasi atau lembaga  harus tetap memiliki fondasi utama yang kuat dan solid untuk mampu bertahan dan tumbuh,” ucapnya, Minggu 30 Mei 2021.

Menurut dia yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan model dan cara kepemimpinan dalam berorganisasi/lembaga/perusahaan yang agile dan terukur dengan minimal ada 8 ciri.

Mulai dari memiliki mindset perbaikan dan perjuangan secara tim dalam menghadapi berbagai kondisi dan perkembangan. Termasuk memanfaatkan teknologi digital untuk pengembangan organisasi atau lembaga perusahaan.

Kemudian ddanya jaringan secara luas dan bisa di optimalkan untuk pengembangan organisasi atau lembaga perusahaan, bahkan bisa menjangkau lintas daerah dan negara. Sehingga kemampuan membangun komunikasi secara luas untuk berbagai potensi dan peluang.

Dilanjut kemampuan membangun kolaborasi dengan berbagai potensi lainnya, termasuk dalam kegiatan, kemanfaatan dan pendanaan. Kemampuan membangun kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan.

Setelah itu, mudah dihubungi, sehingga akan mudah mengkoordinasikan dengan cepat setiap perkembangan dan dinamika yang penting dan strategis misal semua anggota mendapatkan akses nomor kontak pemimpin dan mau berkomunikasi. Sehingga kepemimpinan lebih dekat dengan semua anggota yang ada dalam organisasi atau lembaga perusahaan.

Disamping itu perlu memiliki akses di media sosial baik facebook, instagram, twitter, dll sebagai media sosialisasi diri, organisasi dan membuka ruang saran, masukan, dan kritik konstruktif. Kesiapan dalam mengadaptasi dan mengoptimalkan perkembangan digital dalam upaya membangun daya saing organisasi atau lembaga perusahaan.

Selanjutnya kemampuan berinovasi, out of the box dan bermanfaat secara terus menerus, sehingga akan menghasilkan model kepemimpinan yang adaptif di era digital.

Ditambah kecepatan bergerak dan kemampuan mendistribusikan tugas secara terukur dalam pelaksanaannya. Sehingga akan mempercepat proses teknis dan terukur.

Berita Terbaru