Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir di Arut Utara Mulai Surut

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Agustus 2021 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah tergenang banjir kurang lebih selama satu minggu, tinggi debit air yang membanjiri rumah warga di Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai surut sekitar 50 CM.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Syahruni mengatakan situasi terkini bencana banjir di Aruta sudah mulai surut. Semoga, dalam waktu dekat, air semakin surut dan masyarakat bisa aktivitas kembali.

"Banjir di wilayah Aruta, berdasarkan informasi malam tadi sudah mulai turun, wilayah Kelurahan Pangkut khususnya sudah surut sekitar 50 CM," kata Syahruni, saat dikonfirmasi Borneonews, pada Senin, 30 Agustus 2021.

Situasi dan kondisi di Arut Utara semua terkendali, baik itu masalah penanganan kebencanaan, kesehatan dan juga penyaluran bantuan Logistik.

"Bantuan Paket sembako sudah tersalurkan semua kepada warga terdampak banjir, kemudian obat - oabtan sudah siap di setiap puskesmas," ungkapnya.

Sementara itu Camat Arut Utara Amir Mahmud menyampaikan, bahwa memang banjir mulai surut. Namun, sejak kemarin hingga hari ini wilayah Arut Utara diguyur hujan. Sehingga dikhawatirkan air sungai kembali meluap dan membanjiri rumah warga.

"Memang kemarin dilaporkan air mulai surut, tapi sejak kemarin dan hari ini hujan cukup deras mengguyur wilayah kami. Semoga, banjir susulan tidak sampai terjadi," tuturnya.

Banjir di wilayah Aruta telah menggenani setidaknya 10 desa dan satu kelurahan. Dengan tinggi air mencapa lebih dari 1 meter. Saat ini Pemkab Kobar pun menetapkan status tanggap darurat banjir, sejak 23 Agustus - 5 September 2021. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru