Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Sosialisasikan Kawasan Tanpa Rokok

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 September 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2018 tentang kawasan tanpa rokok atau KTR, Selasa,  28 September 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Salawan ini dibuka Bupati Katingan Sakariyas dengan peserta berasal dari perangkat daerah se Kabupaten Katingan. 

Sementara untuk narasumber dari Satpol PP Kota Palangka Raya dan Satpol PP Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. 

Dalam kesempatan ini Bupati Sakariyas mengingatkan posisi Indonesia berada pada peringkat ke 3 dengan jumlah perokok aktif tertinggi di dunia. Dari 60 juta orang perokok aktif, 70 persen di antaranya adalah masyarakat miskin. 

"Yang secara ekonomi tidak mampu tetapi mereka tetap membeli rokok, bahkan data menyebutkan jumlah perokok anak dan remaja mengalami kenaikan 8,8 persen pada tahun 2016. Dan untuk diketahui jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun ke tahun hingga sekarang," kata Bupati Sakariyas.

Untuk itu Sakariyas mengajak semua pihak semakin peduli dengan fenomena meningkatnya perokok aktif.

Pasalnya dampak yang bakal ditimbulkan sangat mengkhawatirkan. Mengingat kematian akibat kebiasaan merokok di Indonesia telah mencapai 57 ribu orang per tahunnya dan diprediksi tingkat kematian di dunia akan mencapai 8 juta jiwa per tahun akibat merokok. 

Sakariyas mengatakan jika target jangka pendek yang dilakukan adalah mensosialisasikan Perda ini kepada perangkat daerah yang ada.

Sehingga menjadi contoh bagi seluruh kalangan masyarakat. "Saya sangat mendukung kegiatan ini dan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan program ini dengan menaati Perda Nomor 10 Tahun 2018," katanya.

Diakhir kegiatan Bupati Sakariyas memasangkan selempang pita kepada duta kawasan tanpa rokok Kabupaten Katingan serta memberikan piagam penghargaan kepada Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Forum Anak Kabupaten Katingan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru