Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Penangkapan Buaya Sungai Andel Belum Membuahkan Hasil

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Desember 2021 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hingga saat ini upaya Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng untuk menangkap kawanan buaya yang sering terlihat di Sungai Andel, Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) masih belum membuahkan hasil.

Kepala SKW II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng Dendi Sutiadi, Senin, 6 Desember 2021 mengatakan pasca pemasangan 3 buah pancing jebakan buaya hingga kini masih belum terlihat adanya penampakan buaya, baik oleh warga maupun petugas.

"Hampir seminggu ini, kami melakukan pemantauan disekitar lokasi kemunculan buaya tersebut. Baliho untuk mengingatkan warga agar waspada keberadaan buaya juga sudah dipasang dilokasi ini. Kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama dengan komunitas reptil yang ada di Kobar," jelas Dendi Sutiadi.

Menurut Dendi Sutiadi, Sungai Andel tersebut bila dilihat dari kondisinya memang merupakan lokasi yang sering digunakan buaya untuk beraktivitas.

"Di sekitar penampakan buaya tersebut memang merupakan habitat buaya.Demikian juga di wilayah yang berhutan atau kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) Kebetulan saat buaya tersebut berjemur tersebut, keberadaannya terlihat oleh warga dan menimbulkan kehebohan," jelas Dendi Sutiadi.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan warga RT 8 Kelurahan Candi, di Sungai Andel terlihat 5 ekor buaya muncul di sungai tersebut.

Keberadaan hewan reptil ini tentunya sangat meresahkan warga, lantaran sungai yersebjt juga digunakan warga setempat untuk kelakukan aktivitas keseharian. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru