Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Gunung Mas Dirikan Tenda Pengungsian Antisipasi Banjir Meluas

  • Oleh ANTARA
  • 04 September 2022 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas sudah mendirikan tenda pengungsian untuk mengantisipasi meluasnya banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kelurahan Tewah.

“Banjir terjadi karena meluapnya sejumlah sungai, akibat hujan deras yang terjadi di wilayah setempat,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunung Mas Champili, Minggu 4 September 2022.

Dia menyebut banjir merendam sejumlah jalan umum dengan ketinggian air antara 100 hingga 140 senti meter. Selain itu banjir merendam sejumlah rumah dan bangunan milik warga.

“Jumlah warga dan kepala keluarga yang terdampak banjir saat ini masih dalam proses pendataan,” katanya.

BPBD Gunung Mas berkoordinasi dengan pihak terkait telah membuka dapur umum dan mendirikan tenda pengungsian di Kelurahan Tewah, guna membantu masyarakat yang kediamannya terdampak banjir.

Berbagai sarana dan prasarana juga dikerahkan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir, seperti satu mobil truk dapur umum, perahu karet, belasan rompi pelampung, dan lainnya.

"Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk BPBD Kalteng, guna memastikan masyarakat yang terancam dan terdampak banjir dapat tertangani dengan baik," kata dia.

Champili juga mengingatkan masyarakat agar waspada, karena banjir dikhawatirkan meluas ke kecamatan lain, seperti Kurun, Mihing Raya, dan Sepang.

Dia mengimbau warga agar mengungsi ke tempat yang aman jika dirasa perlu. Kepada orang tua diimbau agar tidak membiarkan anak bermain di air banjir, karena itu berbahaya bagi keselamatan anak dan juga berisiko terkena berbagai penyakit.

“Warga juga saya imbau agar mewaspadai korsleting listrik saat banjir. Benda-benda elektronik hendaknya dipindahkan ke tempat yang jauh dari genangan air,” tadasnya.

ANTARA

Berita Terbaru