Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Panas di Kotim Turut Meningkat Meski Banjir Masih Terjadi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski saat ini beberapa desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih terjadi banjir, titik panas masih terus terpantau, bahkan mengalami peningkatan. 

Hal tersebut sudah disadari oleh jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim karena melihat pengalaman dalam beberapa waktu terakhir. 

"Cuaca du Kotim memang seperti ini, terkadang hujan terkadang panas. Bahkan di musim hujan saja, masih bisa terjadi kebakaran hutan dan lahan. Padahal hanya 2 hingga 3 hari saja tidak hujan," ujar Kepala BPBD Kotim Rihel, Senin, 3 Oktober 2022. 

Dirinya juga menyebutkan bahwa saat ini, Pemkab Kotim telah menetapkan status tanggap darurat banjir dan siaga darurat karhutla. Keduanya belum dicabut, karena saat ini kejadian masih beriringan. 

Sementara itu, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara H Asan Sampit, jumlah titik panas kembali bermunculan di Kotim. 

Titik panas terdeteksi ada 8 titik yakni di Kecamatan Antang Kalang 6 titik panas, Kecamatan Bukit Santuai 1 titik panas, dan Kecamatan Tualan Hulu 1 titik panas. 

"Status siaga darurat Karhutla masih berlaku, sejak 19 Agustus 2022 hingga 18 Oktober 2022 mendatang," terang Rihel. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru