Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penimbunan Jalan Kolam Tunggu Musim Kering

  • 02 Februari 2016 - 20:37 WIB

PENIMBUNAN jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama (Kolam) yang tergenang air sepanjang 1 kilometer (km) dengan ketinggian air sekitar 1 meter menunggu airnya surut. Banjir yang terjadi di dua titik di km 28 dan km 35, rencananya akan dilakukan penimbunan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kobar.

'Jalan itu akan kita timbun supaya tinggi, dan air tidak mengalir lagi ke permukaan jalan. Tapi untuk menimbunnya harus menunggu sampai air surut terlebih dahulu,' ungkap Kepala Dinas PU Kobar, Agus Yuwono melalui sambungan telepon, Selasa (2/2/2016).

Agus menjelaskan, untuk melakukan penimbunan jalan, tekstur jalan yang ada harus sudah terbebas dari lumpur. Sehingga penimbunan tanah nantinya tidak akan sia-sia.

'Itu permukaan jalannya mengalami penurunan, sehingga air di pinggirnya naik ke permukaan. Nanti setelah kering, tanah yang berlumpurnya kita keruk, kemudian kita tambahkan timbunan.'

Informasi di lapangan, ketinggian air di Jalan Kolam-Pangkalan Bun mulai menyusut. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa melintas.

'Jalannya masih banjir, tapi sekarang bisa dipaksa melintas tanpa naik getek,' kata warga Pangkalan Bun, Prasetya melalui pesan BBM.

Sementara itu, Mukri, warga yang rumahnya tidak jauh dari jalan yang tergenang banjir mengatakan, banjir sebenarnya bukan gara-gara permukaan jalan yang rendah, namun karena gorong-gorong kurang besar.

Akibatnya, air yang melewati sungai tersebut meluap ke permukaan jalan. 'Itu gorong-gorongnya kecil dan cuma satu, kalau ditambah lagi airnya tidak bakal meluap ke jalan,' katanya. (CP/B-7)

Berita Terbaru