Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Bangga Kenakan Benang Bintik, Kata Ketua TP-PKK Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 14 November 2022 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Batik khas Kalimantan Tengah (Kalteng) dikenal dengan sebutan batik kain benang bintik. Motif batik yang ada di pakaian benang bintik selalu disertai dengan bentuk atau corak khas benda atau sesuatu yang selama ini banyak terdapat di Bumi Tambun Bungai.

"Kita harus bangga dan juga mencintai budaya, kearifan lokal dan kerajinan yang ada di Kalteng. Salah satunya bangga ketika menggunakan batik kain benang bintik yang menjadi khas masyarakat dayak," kata Ketua TP-PKK Palangka Raya, Avina Fairid Naparin, Senin, 14 November 2022.

Dia mengatakan, batik Suku Dayak ini memiliki keistimewaan tersendiri karena jenis motif yang tertuang dalam kain melambangkan kebudayaan Suku Dayak itu sendiri. Motif dalam batik terpengaruh oleh kepercayaan suku Dayak yang disebut Kaharingan.

Kepercayaan ini terus berkembang melalui simbol-simbol yang berwujud benda alam ruang angkasa, bumi, maupun yang ada dalam diri seseorang. Motif-motif yang digambarkan pada kain batik benang bintik diambil dari lukisan ataupun ukiran sisa-sisa sejarah.

Salah satu wujud simbol kepercayaan suku Dayak adalah batang Garing atau pohon kehidupan. Pohon ini melambangkan suatu hubungan vertikal antara manusia dengan sang penguasa yang diyakini.

Selain itu batang garing juga melambangkan hubungan horizontal antara manusia dengan makhluk-makhluk lain yang ada di bumi. Pohon inilah yang kemudian menjadi salah satu ciri khas motif batik Kalimantan Tengah yang terkenal.

Sebelumnya, Avina menghadiri malam pengumuman pemenang lomba Cipta Motif Kain Benang Bintik Khas Kota Palangka Raya. Terdapat 2 kategori dalam pelaksanaan Lomba yaitu Kategori Benang Bintik ASN dan Kategori Benang Bintik TP-PKK.

"Semoga melalui lomba bisa jadi barometer batik khas Kota Palangka Raya, sekaligus memotivasi para pengrajin batik dan masyarakat untuk semakin mencintai budaya lokal daerah yaitu Benang Bintik," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru