Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Harus Terapkan Konsep Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Maret 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie Adriaty Lambung mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat Kota Cantik perlu memahami dan menerapkan konsep pengelolaan sampah yang berkelanjutan atau sustainable waste management yang berwawasan lingkungan.

"Pengelolaan sampah berkelanjutan yang berwawasan lingkungan harus kita terapkan di Palangka Raya sebagai suatu upaya menggunakan sumber daya materi secara efisien untuk mengurangi sampah yang dihasilkan," kata Nenie pada Selasa, 21 Maret 2023.

Menurut Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini, tentu dengan penanganan aktif pengelolaan sampah tidak hanya akan berkontribusi pada bidang ekonomi, tetapi juga sosial dan tujuan pembangunan.

"Untuk mewujudkan itu semua memang tidak mudah, perlu kerjasama kemitraan dan partisipasi masyarakat. Masyarakat harus memiliki kesadaran yang sama dalam pengelolaan dan mengatasi permasalahan sampah di Kota Palangka Raya," tegasnya.

Nenie menegaskan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut perlu juga adanya inovasi dari instansi terkait, tidak hanya menumpahkan semua tanggung jawab kepada masyarakat.

"Daerah perkotaan atau urban seperti Palangka Raya umumnya memiliki masalah seputar pembuangan limbah yang begitu besar sehingga perlu inovasi dari instansi terkait agar dapat ditangani dan dikelola dengan baik," tegasnya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru