Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tujuan Organisasi DAD Melestarikan Adat Budaya Leluhur

  • Oleh Ramadani
  • 17 Oktober 2023 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Utara H Amir Mahmud mengatakan sebagai salah satu organisasi adat Dayak dan merupakan sebuah organisasi kelembagaan adat Dayak punya tujuan menjaga dan melestarikan adat budaya leluhur yaitu adat Dayak.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DAD Kabupaten Barito Utara, H Amir Mahmud pada acara pelantikan pengurus DAD Barito Utara periode 2023-2028 dan pembukaan rapat kerja daerah (Rakerda) DAD Kabupaten Barito Utara tahun 2023 di gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin, 16 Oktober 2023.

Dikatakan Amir Mahmud fungsi Dewan Adat Dayak di bentuk secara hirarki yang di atur dalam Perda Provinsi Kalteng nomor 16 Tahun 2008 pasal 4 tentang kelembagaan adat dayak menyelenggarakan tugas dan fungsi secara berjenjang. 

“Lembaga adat dayak DAD merupakan lembaga yang dibentuk untuk membantu pemerintah mengatasi banyaknya konflik tanah yang terjadi di tengah masyarakat, sekaligus membantu masyarakat local mendapatkan perlindungan bagi hak atas tanah adatnya,” kata H Amir Mahmud. 

DAD sendiri, kata Ketua DAD Barito Utara, memiliki kewenangan untuk menerbitkan Surat keterangan Atas Tanah Adat (SKTA) yang dapat dipergunakan sebagai permulaan/awal kepemilikan atas tanah yang setelah itu akan mendapatkan Surat Keterangan Tanah (SKT) dan selanjutnya di proses untuk menjadi sertifikat Kepemilikan Tanah. 

“Pada pertemuan kali ini selain kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Barito Utara periode 2023-2028 juga akan dilaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pengurus DAD Tahun 2023 yang membahas hal-hal penting menyangkut program kerja DAD ke depannya,” imbuhnya. 

Dalam rapat kerja DAD diikuti peserta yaitu Demang Kepala adat se Kabupaten Barito Utara, mantir adat se Barito Utara, tokoh masyarakat dan pengurus DAD kecamatan se Barito Utara.

“Saya mewakili seluruh anggota panitia dan DAD Barito Utara mengucapkan terima kasih baik kepada pemerintah daerah dan kepolisian atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan,” kata H Amir Mahmud.

Lebih lanjut Ketua DAD mengatakan, bahwa usai kegiatan pelantikan dan pengukuhan serta rakerda langsung dilanjutkan dengan acara syukuran yaitu berupa hiburan rakyat di arena terbuka Tiara Batara. 

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat semakin meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas serta membudayakan aksi kepedulian antar sesama seperti bakti social khususnya di Kabupaten Barito utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/J)

Berita Terbaru