Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyaluran BLT Akhir Tahun 2023 Dikritik

  • Oleh Marini
  • 16 Desember 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai atau BLT pada akhir tahun 2023 mendapatkan kritikan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni.

Menurutnya, kendala teknis pada penyaluran BLT masih terjadi karena belum optimalnya fungsi manajemen, dan fungsi monitoring dan kontroling program kegiatan yang dilakukan.

"Untuk itu, perangkat daerah melalui pengelola keuangan dan kegiatan agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan," katanya, Sabtu, 16 Desember 2023.

Selain itu juga katanya, kendala teknis lainnya adalah seperti terjadinya keterlambatan proses SPJ kegiatan yang disampaikan oleh pengelola keuangan dan kegiatan yang mempengaruhi pada serapan anggaran.

"Dan proses administrasi keuangan pada kegiatan bantuan sosial (bansos) dan hibah mengalami keterlambatan. Lalu adanya penjadwalan kegiatan, salah satu contohnya seperti penyaluran BLT pada akhir tahun," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu. Misalkan, di desa bersumber dari dana desa untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi. (MARINI/H)

Berita Terbaru