Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Dukung Kinerja Kedamangan Terus Ditingkatkan Perkuat Kelembagaan dan Pelestarian Adat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Desember 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat akan menaikkan insentif Damang Kepala Adat, Sekretaris Damang, Mantir Kelurahan dan Mantir desa di daerah setempat tahun depan, sebagai bentuk dukungan dan perhatian pemerintah.

Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan mengharapkan dengan terus ditingkatkannya perhatian pemerintah daerah tersebut, maka kinerja juga dapat ditingkatkan.

"Sehingga dengan pemberian insentif sebagai bentuk dukungan ini, maka kita harapkan kinerja mereka bisa lebih baik dan pelayanan mereka kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan," katanya, Minggu, 24 Desember 2023.

Khususnya, terkait dengan penguatan kelembagaan dan pelestarian adat dan hal hal lain terkait adat Dayak bisa lebih maksimal.

"Juga untuk mengembangkan adat istiadat di Kabupaten kapuas menuju terciptanya budaya 'rumah betang' dan 'belom bahadat', yang mana hal ini juga selaras dengan peraturan daerah nomor 3 tahun 2015 " harapnya.

Dia menyebutkan insentif sebelumnya untuk Damang Kepala Adat itu senilai Rp2,5 juta dinaikkan menjadi Rp3 juta dan untuk Sekretaris Damang menjadi Rp1 juta.

"Kemudian, mantir desa ini sebelumnya Rp250 ribu dinaikkan menjadi Rp700 ribu," jelasnya.

Selanjutnya, untuk Mantir Kelurahan menjadi Rp750 ribu. Selain itu, juga ada tambahan insentif dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. (DODI/j)

Berita Terbaru