Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Pastikan Korban Banjir Mendapat Layanan Kesehatan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Mei 2024 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin timur (Kotim) memastikan korban banjir mendapat layanan kesehatan.

"Beberapa hari ini kami melakukan posko mobile dari rumah ke rumah yang dilaksanakan Puskesmas Ketapang I dan Puskesmas Baamang I," kata Kepala Dinkes Kotim Umar Kaderi, Sabtu, 4 Mei 2024.

Pihaknya mengerahkan 3 unit ambulan posko mobile untuk memberikan layanan kesehatan kepada korban banjir khusus di wilayah Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang. 

Sementara di daerah lain yang terdampak banjir seperti di Kecamatan Antang Kalang, Mentaya Hulu, Mentaya Hilir Utara dan lainnya pihaknya menyerahkan kepada Puskesmas masing-masing daerah untuk memantau kesehatan korban banjir. 

"Yang kita antisipasi ialah penyakit yang muncul pasca bencana seperti muntaber, diare, dan penyakit kulit," ujarnya.

Lanjutnya, selama posko keliling memberikan layanan kesehatan untuk korban banjir pihaknya justru banyak menemukan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan sakit urat.

"Kalau sakit yang disebabkan dampak banjir belum terlihat tetapi kita memang antisipasi pasca banjir," tandasnya. 

Sebagai informasi apabila ada warga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis dapat menghubungi nomor darurat atau Public Safety Center (PSC) di 119 agar petugas medis bisa datang ke lokasi. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru