Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadapi MEA Tenaga Kerja Lokal Harus Dilatih

  • 12 Juni 2016 - 16:11 WIB

BORNEONEWS- PANGKALAN BUN :  Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Bambang Purwanto mengharapkan agar tenaga kerja lokal mampu bersaing, dalam artian mempunyai daya saing dan kemampuan yang mumpuni.

Dikatakannya, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk memastikan kemampuan para tenaga lokal dapat bersaing, khususnya di era MEA seperti sekarang ini.

"Menghadapi MEA kita jangan sampai lengah, tenaga kerja lokal harus tak boleh kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah," kata Bambang.

Dalam era MEA, yang menjadi perhatian khusus adalah kualitas tenaga kerja. Persaingan tenaga kerja dalam dunia usaha tak dapat dihindari, itulah alasan kenapa tenaga kerja lokal harus mendapat perhatian lebih.

Menurut Bambang, instansi terkait Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), harus mampu melakukan segala upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). "Memberikan pelatihan kepada mereka adalah salah satu caranya," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan sunber daya manusia lokal, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Artinya, anak-anak sebagai generasi bangsa mempunyai kualitas pendidikan yang dapat bersaing dengan luar daerah.  "Kualitas pendidikan akan menjadi penilaian bagi kemajuan suatu daerah," tandas Bambang.  (CR-1/*)

Berita Terbaru