Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Kotawaringin Timur Cek Kelayakan Angkutan Dan Kesehatan Sopir Lebaran

  • Oleh M. Rifqi
  • 01 Juli 2016 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar tes urin sopir dan mengecek kelayakan armada bus yang akan mengangkut penumpang dalam mudik lebaran Idul Fitri 2016 di Terminal Patih Rumbih, Sampit, Kamis (30/6/2016) malam.

Menurut Kepala Dishubkominfo Kotim Fadlian Noor, pihaknya ingin memastikan kendaraan yang beroperasi melayani angkutan mudik layak jalan. Pengecekan kendaraan ini juga agar terhindar dari hal-hal  yang tidak diinginkan.

Petugas Dishubkominfo Kotim melakukan pengecekan manual kelengkapan keselamatan seperti rem, lampu tanda (sign) dan lampu utama armada bus. Pengecekan manual ini juga dibuktikan dengan buku Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

'Kami mengadakan cek fisik terhadap armada bus yang berasal dari Pangkalan Bun dan Palangka Raya. Dari hasil pengecekan fisik terhadap kelaikan, alhamdulillah semuanya dalam kondisi baik dan laik jalan,' kata dia.

Selain mengecek fisik kendaraan, lanjut Fadlian, pihaknya juga melakukan cek urin pada sejumlah sopir angkutan guna keselamatan sejumlah penumpang yang menggunakan angkutan tersebut.

Selain mengecek kelayakan angkutan, petugas gabungan dishubkominfo dan dinkes juga melakukan test urin kepada sejumlah supir.

'Tes urin terus kami lakukan, bahkan seperti tahun lalu hingga H-1 lebaran. Mudah-mudahan tidak ada (sopir) yang menggunakan obat-obatan terlarang,' ucapnya.

Fadlian juga berharap pengelola perusahaan otobus (PO) tidak memberikan tugas apabila kondisi sopir tidak prima, apalagi bagi sopir yang menggunakan minuman beralkohol. Sebab, hal ini selain membahayakan sopir juga penumpang yang diangkut.

"Mereka kami sarankan untuk memanfaatkan waktu istirahat agar digunakan istirahat sebaik-baiknya. Sehingga ketika mengemudi sudah dalam keadaan segar kembali,' kata dia. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru