Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyaknya Pencatutan Nama, Bukti Pengumpulan KTP Dukungan Serampangan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 05 September 2016 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ternyata bukan hanya kartu tanda penduduk (KTP) milik Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar), Awaludin saja yang dicatut oleh para pengumpul KTP untuk bakal calon perseorangan yang akan mengikuti Pilkada Kobar 2017.

"Salah satu anggota Panwas Kabupaten yang bernama Sugimin, KTP-nya juga ada di salah satu balon perseorangan," kata Awaludin, Minggu (4/9/2016) melalui sambungan telepon.

Awaludin menjelaskan, kemungkinan pencatutan dilakukan oleh tim-tim pencari KTP yang secara serampangan mengambil KTP milik warga untuk diserahkan kepada bakal calon perseorangan. Ia juga tidak mengetahui dari mana tim-tim ini mendapatkan KTP-KTP tersebut.

"Pak Sugimin ini warga Pangkalan Lada, anggota Panwas Kabupaten, kemungkinan tim pencari KTP dari paslon yang mengambil-mengambil KTP. Entah dari siapa dan diserahkan kepada balon perseorangan," ujar dia.

Model penggalangan KTP seperti ini selain rentan pelanggaran, juga tidak sejalan dengan semangat lahirnya jalur perseorangan.

"Prosesnya harus bagus, benar dulu. Bahwa maju dari jalur perseorangan itu harus person to person. Kita harus kenal dengan baik siapa yang mendukung kita. Jangan sampai kenal KTP-nya doang. Kalau cuma konsolidasi pengumpulan KTP, itu semuanya bisa," papar Prayitno mantan anggota DPRD Kalteng, pada Borneonews, Sabtu (3/9/2016).

"Kita menghendaki semuanya berjalan sesuai dengan prosesnya sehingga siapapun yang terpilih nanti prosesnya sudah bagus duluan. Tidak akal-akalan," lanjutnya. (Koko Sulistyo/B-10)

Berita Terbaru