Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penunjukan Pejabat Bupati Barsel, Gubernur Tunggu Mendagri

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 September 2016 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' HINGGA kini, penunjukan penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) masih belum dilakukan. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran masih menunggu surat resmi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang belum kunjung turun. Namun dengan cepat Gubernur Sugianto mengantisipasinya dengan menunjuk sekretaris daerah (Sekda) Barsel, Edi Kristianto melanjutkan pemerintahan.

Statusnya, hanya sebatas pelaksana harian (Plh). Langkah ini perlu diambil, karena masa jabatan bupati dan wakil bupati yang lama, Farid Yusran-Satya Titiek Atyani Djoedir berakhir jabatannya per 19 September 2016. Sedangkan tata pemerintahan harus tetap berjalan agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat oleh masalah birokrasi ini.

Hanya saja Gubernur Sugianto menandaskan apabila surat keputusan (SK) Penunjukan Plh Bupati dilakukan melalui surat resmi, bukan sebatas via pesan singkat. 

'Surat sudah disampaikan (ke Mendagri) dan saya kemarin sudah komunikasi, jadi tinggal menunggu. Terkait SK PLh, kalau dikatakan penunjukan Plh lewat media WhatsAp (WA) itu tidak benar. Penunjukan Plh Itu pakai surat,' kata Gubernur usai menutup Liga Nusantara (Linus) di Stadion Tuah Pahoe, Selasa (20/9/2016) sore.

'Itu karena ada media yang lebih cepat, maka disampaikan informasi lewat WA itu sifatnya hanya untuk informasi mendahului (sebelum surat datang),' jelas dia.

Gubernur Sugianto pun menandaskan, pada Rabu (21/9/2016) bertolak menuju Buntok,Ibukota Barsel untuk hadiri puncak peringatan HUT Barsel sekaligus memantau jalannya pemerintahan di kabupaten berjuluk 'Dahani Dahanai Tuntung Tulus' itu.

Sementara itu, Kepala biro Humas dan protokol Setda Kalteng, Marianitha membenarkan pihak pemprov saat ini masih dalam posisi menunggu surat Mendagri untuk keputusan siapa yang bakal ditunjuk menjadi Pj Bupati Barsel yang akan bertugas hingga 2017 mendatang. Kepada Borneonews ia mengatakan, ada tiga kandidat yang diusulkan kepada Mendagri. 

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun, ada tiga pejabat Pemprov yang diusulkan menjabat Pj Bupati yang bertugas mengantarkan Pilkada Barsel pada Februari 2017 hingga  ditetapkan definitifnya Bupati yang baru nanti.

Tiga orang tersebut adalah I Kethut Widhie Wirawan, Mantan Sekda Barsel yang kini mejabat Asisten III Setda Kalteng. Berikutnya adalah Saidina Aliansyah yang kini menjabat Kepala Badan Kepegawaian Kalteng, dan Mugeni yang sekarang menjabat Kepada Badan Penanaman Modal dDaerah dan PerijinanSsatu Pintu Kalteng. (RZ/*)

Berita Terbaru