Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada! Debit Air Sungai Terus Meningkat

  • 02 November 2016 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir membuat debit air sungai terus meningkat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat (Kobar) meminta warga yang tinggal di bantaran sungai lebih waspada. BPBD Kobar terus berusaha meminimalisir korban di setiap munculnya bencana.

"Kami terus memantau debit air di sejumlah sungai di Kobar, karena curah hujan tinggi, debit air sungai terus meningkat. Diharapkan warga lebih waspada," ujar Kepala BPBD Kobar, Hermon F Lion, di Pangkalan Bun, Selasa (1/11/2016).

Termasuk kewaspadaan masyarakat juga harus ditingkatkan, mengenai intensitas hujan yang mengguyur kobar selama beberaoa hari terakhir. Hal ini membuat debit air sungai terus naik.

Hermon menghimbau kepada masyarakat yang ada disepanjang bantaran sungai agar ikut melakukan pemantauan debit sungai mengingat intensitas curah hujan terus meningkat. "Masyarakat harus pro aktif pantau debit air sungai jika mulai meningkat segera lapor, selain itu untuk mencegah banjir."

Menurut Hermon, masyarakat diharapkan bersama sama bergotong royong membersihkan sungai dari sampah ranting kayu.  karena tumpukan sampah bisa menghambat aliran air, dan bisa meluap kepemukiman hingga menyebabkan banjir.

Diapun meminta kepada pihak Kecamatan dan Kepala desa khususnya bagi wilayahnya masuk rawan banjir dan longsor, diharapkan tingkatkan pemantauan.sehingga kalau ada bencana bisa cepat ditangani. "Kami pun terus patroli ke wilayah titik rawan dan banjir, mengingat intensitas hujan masih sangat tinggi," bebernya. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru