Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hindari Deman Berdarah Dengue dengan Pola Hidup Sehat

  • Oleh Ramadani
  • 10 Februari 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Robansyah mengimbau masyarakat menjalankan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan kekebalan tubuh.

'Kami juga telah menyiapkan abate untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk demam berdarah ini dengan mencampurnya ke dalam tempat penampungan air untuk membunuh jentik nyamuk,' katanya, Jumat (10/2/2017).

Menurut dia, sebagian masyarakat masih belum menyadari akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Hal inilah yang kerap menjadi penyebab terjadinya kasus kesehatan.

Dikatakannya bahwa nyamuk pembawa virus DBD biasanya hidup dan berkembang biak di tempat lembab dan berair, untuk itu diperlukan langkah-langkah khusus untuk pencegahan yakni 3M plus.

Yang dimaksud dengan 3M plus yakni menguras dan membersihkan tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menutup rapat tempat penampungan ait, serta memberi abate di tempat penampungan air dan selalu menggunakan kelambu pada waktu tidur.

Hal itu tentunya juga harus diiringi dengan tidak menumpuk pakaian bekas pakai yang disukai oleh nyamuk.(RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru