Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prediksi Penumpang Kapal Laut Melonjak 10 Persen

  • 02 Mei 2017 - 19:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang bulan suci Ramadan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memprediksi penumpang kapal laut bakal meningkat 10% dibandingkan tahun 2016 lalu.

Kepala Dishub Kobar, Petrus Rindra menyampaikan, pada tahun 2016 lalu tercatat ada 27 ribu penumpang kapal laut, tahun 2017 ini diperkirakan akan lebih meningkat lagi menjadi 30 ribu penumpang. Menyikapi kenaikan ini, pihaknya bakal mengoptimalkan penggunaan angkutan laut. "Kita berharap calon penumpang beli tiket jauh hari sebelum lebaran," ujar Petrus, Selasa (2/5/2017).

Petrus menjelaskan, untuk kapal yang melayani penumpang angkutan Lebaran tahun 2017 ini dari Pelni yakni Egon, Awu dan Kalimutu. ASDP juga menyediakan angkutan penumpang seperti Kalibodri, selain itu juga ada Kapal dari Dharma Lautan Utama. "Sedangkan untuk angkutan darat tidak ada masalah," imbuhnya.

Kendati demikian, lanjut Petrus, untuk angkutan udara, khususnya maskapai Kalstar dan Garuda H-14 dari Pangkalan Bun tujuan Semarang dan H+14 dari Semarang ke Pangkalan Bun sudah habis terjual. Sementara untuk ke Surabaya dan Jakarta masih normal," tuturnya.

Untuk menghindari beredarnya tiket palsu seperti tahun 2016 lalu, Petrus menyaranka kepada calon penumpang khususnya angkutan kapal laut untuk membeli tiket pada agen-agen resmi yang menyesuaikan dengan KTP dan menghindari untuk pembelian pada calo dan agen yang tidak resmi. "Intinya jangan menumpuk menjelang hari H, kalau bisa sebelum H-15, karena dihari itu sudah mulai banyak calon penumpang," pungkasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/B=8)

Berita Terbaru